Aprilia RS Cube.. Motor Dengan Mesin 3 Silinder Pertama dan Terakhir di MotoGP

Aprilia RS Cube atau sering di sebut RS3 Cube adalah prototipe motor balap yang dikemba ngkan oleh Aprilia untuk bersaing di kelas MotoGP musim 2002 sampai 2004. Aprilia Tube bermesin 990cc 4tak dan memiliki konvigurasi 3 silinder segaris. Aprilia Tube di buat untuk menggantikan Aprilia RSW 500 bermesin 2tak, yang sudah tidak bisa mengikuti belapan lagi karna Dorma melarang motor 2tak untuk mengikuti balapan di MotoGP.

aprilia tube-2

Untuk membuat RS3 Cube, Aprilia bekerja sama dengan perusahaan Cosworth yang juga membuat mesin F1 untuk tim independen. Karna itu tidak heran RS3 Cube memiliki banyak komponen F1 yang tak lazim ada pada motor prototipe pada saat itu, bahkan bisa di bilang Aprilia Tube adalah motor yang melampaui zamannya.

Beberapa komponen F1 yang ada di RS3 Cube antaranya Katup Pneumatik, Kontrol Traksi dan ride-by-wire. di tambah dengan 3silinder memiliki bobot yang lebih ringan di banding 4silinder dan power yang di klaim tembus hingga 225 HP (tenaga Honda RC211V dulu hanya 200HP) Aprilia RS3 Cube benar-benar manjadi motor yang terlihat sangat menjanjikan.

aprilia tube-1

Tetapi itu semua berbanding terbalik ketika RS3 Cube berada di lintasan. Teknologi F1 justru menjadi penghabat tenaga buas RS3 Cube untuk di gunakan. Teknologi ride-by-wire justru membuat respon motor terlambat bila di gas, belum lagi Kontrol Traksi yang membuat motor memiliki banyak sensor dan kabel yang membuat motor jadi lebih berat.

Posisi terbaik yang pernah di dapat oleh RS3 Cube adalah posisi ke-13 kelasemen akhir, itupun sudah di kendarai oleh Colin Edwards yang telah mengantongi 2kali juara dunia SuperBike. Sisanya RS3 Cube lebih sering menjadi penggembira. Melihat hasil yang di berikan RS3 Cube jauh dari sukses, ahir nya pada tahun 2005 Aprilia secara resmi menarik diri dari kejuaraan MotoGP.

Untuk beberapa artikel kedepan. Saya akaan coba membahas motor dengan mesin 2 atau 3silinder di MotoGP.

 

 

8 respons untuk ‘Aprilia RS Cube.. Motor Dengan Mesin 3 Silinder Pertama dan Terakhir di MotoGP

    • yuuoto Maret 13, 2018 / 10:34 am

      iya sangar mas
      cuman sayang sangar nya blom bisa keluar 100%

      Suka

  1. wong awam ae Maret 13, 2018 / 4:15 am

    power terlalu besar & ban michelin yg belum siap malah blunder.. software & sensor elektronik juga belum secanggih jaman now.. 😀

    pertanyaan.. koq ga dicoba utk dikembangkan lagi skrg ya? IMHO pasti beda hasilnya.. ^_^

    Suka

    • yuuoto Maret 13, 2018 / 10:34 am

      nanti mas.. saya bakalan bikin artikel
      kenapa motor 3silinder gak ada lagi di erra motogp sekarang

      Suka

  2. syahrul Maret 19, 2018 / 3:05 am

    motor motogp 3 silinder juga ada modenas kr3 mas , kalo gak salah itu juga

    Suka

    • yuuoto Maret 19, 2018 / 5:42 am

      Itu motor gp500 di jaman 2tak mas.. nanti rencana nya jg mau bahas itu ☺

      Suka

Tinggalkan komentar