Doni Tata.. Pembalap Indonesia Pertama di GP250

Dulu Yamaha Indonesia pernah mengirim anak bangsa buat berlaga di kejuaraan GP. Bahkan jauh sebelum Honda Mengirim Dimas ekky Dll ke balapan internasional, Yamaha Indonesia sudah mengirim Doni Tata mengikuti ajang balap GP dengan Yamaha TZ125 dan TZ250.

tz250 donitata 4

Awal nya Doni Tata di gadang-gadang sebagai anak ajaib yang berhasil di besarkan oleh Yamaha. Bukan tanpa alasan Doni di anggap sebagai anak ajaib, di umur 12tahun dia menjadi juara underbone 110cc 4tak Yamaha Cup Race dan di usia 13tahun dia menjadi Juara asia underbone 115cc 4tak.

doni tata cup

Melihat prestasi nya, Yamaha Indonesia langsung mempromosikan Doni Tata ke GP125 dengan menggunakan yamaha TZ125. Sayang nya dengan menggunakan motor yang tergolong tua dan minim nya adaptasi (dari bebek langsung ke GP125) membuat doni bisa finish saja sudah sukur. Walau dia selalu kesulitan di GP125 tetapi Yamaha Indonesia tetap yakin kalau Doni di bekarikan motor yang lebih baik dia bisa juara,

karna itu lah pada tahun 2007 Yamaha Indonesia mempromosikan lagi Doni Tata untuk mengikuti kejuaraan all japan championship, mengikuti kelas GP250 dengan menggunakan motor TZ250 yang katanya pengembangan nya masih di lakukan oleh Yamaha Jepang.

doni tata all japan
Doni Tata ketika mengikuti all Japan championship

 

Sebenar nya Doni di all japan championship gak terlalu buruk, dari 6 race yang di ikuti dia sekali bisa masuk 5besar. Dengan hasil yang tidak terlalu buruk di all japan championship dan motor yang katanya lebih baik Yamaha Indonesia sempat bilang “dengan motor yang sekarang Doni gak akan jadi juru kunci lagi, dia bisa konsisten di papan tengah”.

doni tata pradita

Berbekal pengalaman di all japan championship, Doni Tata ahir nya mengikuti full race world GP250 pada tahun 2008. Sayang nya balapan di world GP jauh lebih berat di bandingkan dengan all japan championship. di world GP Doni harus puas sering finish di nomer buncit. Bahkan dari 16 race Doni hanya bisa mengumpulan 1 poin saja.

Melihat Prestasi Doni Tata yang kurang bisa bersaing, ahir nya membuat Yamaha Indonesia memilih untuk menghentikan Proyek yang di sebut From Zero To Hero ini. dan Yamaha Indonesia juga melego semua aset tim termasuk motor Yamaha TZ250 yang sempat saya bahas kemarin.

doni-tata-pradipta-yamaha-r-6-11

Setalah Berahirnya Proyek From Zero To Hero Yamaha indonesia kembali memboyong Doni untuk mengikuti balapan Supersport dengan menggunakan Yamaha R6. Sayang nya dari 14 race doni hanya hanya bisa finish 6 race dan menempati posisi ke-25 di kelasemen akhir.


Menelusuri Jejak TZ250 Milik Yamaha Indonesia Ex Doni Tata

Curtiss V-8.. Saat Sepeda Motor Jadi kendaraan Darat Tercepat di Muka Bumi

Proton KR3.. Saat GP500 Bisa Mengasapi MotoGP 990cc

Saat Situs Dewasa dan Tim Balap Bersatu

Ada Helm KYT di Podium World SuperBike Thailand

 

 

 

Iklan

4 respons untuk ‘Doni Tata.. Pembalap Indonesia Pertama di GP250

  1. klengerr April 7, 2018 / 4:46 pm

    proyek yg terlalu ambisius tpi tidak ditopang dengan perjenjangan yg memadai.

    Suka

  2. klengerr April 7, 2018 / 4:52 pm

    dan kyaknya ahrt agak trauma dengan apa yg pernah d lakukan yri sehingga ahrt kyak kurang yakin/tidak pd menurunkan dimas ekky ke moto2 world championship musim ini. mudah2an saja ahrt menurunkan dimas ke moto2 wc tahun depan, lalu andi gilang dan gerry salim main d cev moto2 thun depan menggantikan dimas ekky(pergi 1 datang 2), dan mario sa agung facrul adenanta dan rheza turun ke rbrc dan cev moto3(dibagi misal adenanta dan rhea main d cev moto3 sedangkan mario dan agung facrul main d rbrc)

    Suka

    • yuuoto April 10, 2018 / 10:51 am

      mungkin bisa jadi ahrt takut dimas kaya doni.. tapi mau gimana lagi, dimas sendiri itungan nya ketuaan n klo masih di tahan bisa2 kelebihan umur pas masuk moto2
      jadi moga tahun depan dia bisa ke moto2

      Suka

  3. alat giling daging April 11, 2018 / 8:27 am

    Zero to Hero itu gak bisa instan sob…mkny PENJENJANGAN USIA DINI itu penting!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s