Proton KR3.. Saat GP500 Bisa Mengasapi MotoGP 990cc

Ketika tahun 2001-2003 terjadi peralihan di MotoGP, dari mesin 2tak 500cc ke 4tak 990c. Pada saat itu motor 2tak masih boleh di gunakan untuk mengikuti pertanding di MotoGP. Namu di lintasan terlihat jelas perbedaan antara motor 2tak dan 4tak, dengan tenaga yang lebih besar motor 4tak bisa lebih cepat dari 2Tak. Selain itu mayoritas pengguna motor 2tak adalah tim kecil atau pembalap kelas 2.


proton-kr3-1

Salah satu yang masih setia dengan motor 2tak adalah tim KR (Kenny Roberts) dengan menggunakan motor bernama Proton KR3.  Proton KR3 adalah motor prototype 2tak yang di kembangkan oleh tim KR pada tahun 2001 untuk menggantikan Modenas KR3 yang di anggap kurang bisa bersaing dengan motor prototype pabrikan Jepang.

Sebenarnya Modenas KR3 memiliki banyak kelebihan, dengan bobot dan di mensi yang hampir sama dengan GP250 tetapi memiliki tenaga yang mendekati GP500 membuat Modenas KR3 menjadi mesin yang buas. Sayang Modenas KR3 tidaklah sempurna seperti yang di bayangkan, tenaga yang besar di imbangi dengan getaran mesin yang besar pula sehingga membuat motor sulit di kendalikan.

modenas-kr3-1
Modenas KR3

Demi memperbaiki ketertinggalan dari pabrikan jepang ahirnya tim KR merombak ulang Modenas KR3 dan di beri nama Proton KR3(sesuai dengan seponsor baru). Tetap menggunakan mesin 3silinder tetapi di konfigurasi ulang lalu letak piston di balik 2 silinder di atas dan 1 silinder di bawah dan rangka yang di disain ulang membuat Proton KR3 menajdi motor yang jauh lebih halus dan lebih mudah di kendalikan.

Dengan motor yang telah di sempurnakan Proton KR3 mampu membawa Nobuatsu Aoki dan Jeremy McWilliams konsisten memasuki 10besar di saat pembalap top lain nya sudah menggunakan motor 4tak 990cc. dan puncak nya pada tahun 2002 Jeremy McWilliams mampu meraih pole position di Phillip Island Australian, mengalahkan pembalap top dengan motor 4tak nya.

proton-kr3-5
Proton KR3 star di posisi terdepan

Sayang nya dengan motor yang sudah di sempurnakan tetap sulit untuk Proton KR3 untuk menembus barisan depan. di tambah dengan kurang nya konsistensi pembalap, pengembangan motor yang terlambat dan menggunakan jasa pembalap kelas 2 membuat tim Proton KR3 kurang bersinar. Banyak yang bilang seandai nya pengembangan Proton KR3 lebih cepat 2-3 tahun dan menggunakan pembalap yang lebih baik mungkin bisa lain cerita nya.

 

 


Mail : Komnet_09@yahoo.com

Baca Yang lain Juga :

Saat Situs Dewasa dan Tim Balap Bersatu

Ada Helm KYT di Podium World SuperBike Thailand

Ngepoin Disain Helm Baru Vallentino Rossi 2018

Ada Yang Berbeda di Pit Line MotoGP Qatar

Lebih Dekat Denga Safety Car & Bike BMW di MotoGP.. Ternyata Banyak Jenis nya

Iklan

7 respons untuk ‘Proton KR3.. Saat GP500 Bisa Mengasapi MotoGP 990cc

  1. mbokootoblog Maret 31, 2018 / 12:20 am

    dua tak emang sulit tergantikan tapi emang dasarnya kalau orang dah bikin kebijakan pasti ada cara buat mematikan yang lama

    Suka

    • yuuoto April 1, 2018 / 10:49 am

      iya.. buat yang pernah nyoba mesin 2tak susah buat ngelupain nya hahaha..

      Suka

  2. profit???? Maret 31, 2018 / 2:50 am

    bacot nih orang tua, ngatjeng banget ya sama 2 tak? 2 tak bisa ga tembus 260+++ HP? ckckckckc

    inget yah, tahun 2002 motogp 4 tak baru keluar, pengembangannya juga masih sedikit. nah yang 2 tak udah berapa puluh tahun ya? itu pun masih keteteran melawan motogp 4 tak yang masih bayi.

    gagal move on coy, demen banget sama mesin perusak lingkungan
    ngah ngah ngah ngah ngah ngah

    Suka

    • yuuoto April 1, 2018 / 11:00 am

      walau baru mulai di kembangin tapi 4tak punya tenaga yang lebih besar..
      dari peringkat 1-7 semua pake 4tak, baru loris yang sampe ahir musim ttp pake nsr
      yah klo soal emisi. 4tak juga tetep ada emisi nya

      Suka

    • Darso April 1, 2018 / 4:18 pm

      Emang ada 4 tak 500cc yg tenaganya 230dk? 4 tak pake 990cc makanya bisa 240dk di 2002, cuma 10dk diatas 2 tak. Harusnya 4 tak saat itu 750cc kalo mau adil. Jelas aja 4 tak sekarang 260++ dk, orang kapasitasnya 2X 2 tak.

      Disukai oleh 1 orang

    • Roy April 4, 2018 / 11:05 am

      pada saat itu? kena regulasi green coi, BBM yg digunakan jg udh beda ama yg dipake jaman Doohan. RGV500 aja udh tembus 195hp di ban belakang tahun 1994. 500cc 2 tak bukannya gak bisa menang lawan 4 tak tp krn power dan torsi yg terlalu liar ketika keluar tikungan, gak bisa langsung gaspoll dan motor jg kudu diberdiriin dulu buat gaspoll. beda ama 4 tak yg bisa lngs ngegas pas keluar tikungan. karakter mesin yg berbeda result nya juga beda. 500cc 4 silinder vs 990cc 5 silinder. 20rb rpm vs 11.500rpm. Klo mw ya balikin lg ke 14rb rpm era Rainey dan Schwantz.

      Suka

  3. yuuoto April 1, 2018 / 4:27 pm

    dulu salah satu alasan kenapa motogp 990cc biar tenaga nya lebih besar
    jdi tim milih pakai 4tak dan biar penonton bisa cepet move on dari 2tak.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s